Senin, 01 Februari 2010

Trik Mencegah Virus dengan Code ASCII

Saat ini sudah banyak sekali macam macam virus, mulai dari virus mainan sampai virus yang mampu merusak system bahkan ada juga virus yang sampai merusak hardware.
Pasti kita tidak mau kalau komputer kita sampai rusak hanya gara‐gara virus yang suka merestart komputer kita bila sudah masuk pada Windows.

Tentunya hal ini dapat membuat kita semakin merasa terganggu dengan adanya virus yang semakin hari semakin canggih dan semakin sulit untuk dibasmi. Akan tetapi, sekarang tidak perlu khawatir lagi dengan virus karena saat ini ada cara yang cukup ampuh untuk mencegah virus yang akan menginfeksi file ataupun folder.

Cara ini sangat mudah dan dijamin sulit ditembus oleh banyak jenis virus.

Langkah pertama yaitu mencegah virus yang menggunakan file autorun.inf sebagai senjata utamanya dengan cara membuat folder dengan nama autorun.inf kemudian di dalam folder tersebut buatlah folder lagi dengan nama yang menggunakan code ASCII.

Untuk dapat menuliskan code ASCII kita bisa menggunakan kombinasi tombol Alt dengan tombol Numeric Keyboard misalnya Alt + 1 maka akan muncul code ☺. Kombinasi yang bisa kita gunakan yaitu mulai dari 1 sampai 255.

Langkah kedua yaitu membuat folder yang sama dengan nama file induk virus yang ada di dalam flashdisk misal system.exe, boot.exe dll.

Langkah ketiga yaitu dengan menyisipkan code ASCII ke setiap folder yang berada dinroot flashdisk. Kalau perlu setiap folder yang yang ada pada root drive harddisk juga disisipi
code ASCII.

Sekarang saya akan menjelaskan langkah langkah di atas. Pertama buatlah folder dengan nama autorun.inf di bagian root flashdisk agar virus tak dapat membuat file autorun.inf untuk mengeksekusi file induk yang telah tercopy ke dalam flashdisk ketika flashdisk tersebut masuk ke komputer lain yang belum terinfeksi.

Buat juga folder yang namanya sama dengan nama file induk virus tersebut misal system.exe, boot.exe dll.
Kemudian buatlah folder dengan nama yang menggunakan code ASCII di dalam folder autorun.inf.

Kali ini saya menggunakan kombinasi Alt+17, Alt+2, Alt+16. Tidak semua komputer memiliki code ASCII yang sama. Kita bisa menggunakan kombinasi sesuai denganmkeinginan kita. Lakukan cara yang sama pada folder‐folder namanya sama dengan file induk virus.

Sekarang kita buat lagi folder dengan nama yang menggunakan code ASCII misalnya dengan nama ☺My Data☻. Folder ini nantinya bisa digunakan untuk menyimpan document atau aplikasi. Sebaiknya setiap folder diberi code ASCII agar file yang ada di dalamnya lebih aman dari serangan virus. Kalau bisa folder yang ada di hard disk juga diberi code ASCII kecuali folder‐folder milik system Windows, karena bila diberi code ASCII system tidak dapat berjalan.

Kemudian sembunyikan folder folder yang namanya kita samakan dengan nama induk virus dengan menggunakan perintah attrib pada command prompt.

Caranya bukalah Run Command lalu ketik cmd kemudian tekan Enter, setelah command prompt muncul, masuklah ke driver flashdisk Anda dengan mengetik namadrive: misal O: lalu tekan Enter lalu ketik attrib +s +h +r –a autorun.inf. Lakukan cara yang sama pada folder yang namanya sama dengan file induk virus.

Sekian dulu penjelasan dari saya, semoga dapat berguna bagi kita semua terutama
bagi para pengguna setia Windows yang sudah tidak mungkin lagi pindah ke OS lain karena
alasan tertentu. Semoga dengan membaca artikel ini Anda bisa segera terhindar dari virus.
Mencegah lebih baik dari pada mengobati bro……!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar