Selasa, 02 Februari 2010

Setting / Create VLAN Linksys Cisco Switch SRW224G4 v1.1

Setelah semaleman ditongkrongi dan beberapa jam ditiduri tak lupa pula dikeloni karena muter-muter mencari manual cara membuat vlan di Linksys Cisco Switch SRW224G4 v1.1 dengan bantuan om google gak nemu-nemu, malah kebanyakan juga menanyakan cara settingnya, akhirnya dengan bantuan cairan yang berada di dalam batok kepala (otak) dan bantuan logika, setting vlan di switch tipe ini jalan juga.

Setting yang saya lakukan disini masih belum sempurna karena ada beberapa yang belum saya setting juga, seperti security (keamanan), acl (aturan-aturan yang boleh diijinkan), dan beberapa settingan yang mendukung kehandalan model jaringan vlan. Yang penting sudah tambus dulu, untuk kesempurnaan settingan akan saya usahakan share jika sudah saya lakukan. Atau jika ada yang sudah melakukan setting lebih sempurna, silahkan bagi-bagi ilmunya.

Pastikan anda sudah mengetahui IP Linksys Cisco Switch SRW224G4 v1.1 yang akan anda setting. Jika belum maka IP default perangkat ini adalah 192.168.1.254, saya juga pernah menemukan IP default perangkat ini yang berbeda yaitu 192.168.1.245, 192.168.2.254.

Berikut langkah-langkah setting vlan pada Linksys Cisco Switch SRW224G4 v1.1 yang saya lakukan:

  1. Setelah anda berhasil login, silahkan masuk ke menu VLAN Management
    Pada menu VLAN Management ada 5 sub menu, yaitu Creat VLAN, Port Setting, Ports to VLAN, VLAN to Ports, dan GVRP.
  2. Pilih menu Creat VLAN
    Silahkan anda buat VLAN ID dan nama VLAN yang tentunya sudah anda tentukan lebih dahulu / sudah anda buat pada routernya terlebih dahulu.
    Setelah selesai membuat VLAN ID, simpan settingan anda.
  3. Pilih menu Ports to VLAN
    Pada menu ini silahkan anda daftarkan port-port sesuai anggota VLAN.
    Pada VLAN ID default (VLAN 1), anda tidak perlu melakukan setting apapun sehingga jika pada combo box anda pilih VLAN 1 menu yang tampak akan disable. Kemudian silahkan anda pilih pada combo box untuk VLAN ID buatan anda. Pada radio button port yang anda inginkan sebagai anggota VLAN tersebut silahkan pilih pada settingan UnTagged dan pada port VLAN ID 1 yang akan dilewati anggota vlan tersebut silahkan pilih Tagged. Setelah selesai, jangan lupa simpan settingan anda.
  4. Pilih menu Port Setting
    Pada menu ini silahkan anda setting mode pada port, untuk VLAN ID 1 gunakan mode Trunk dan pada VLAN ID yang lain gunakan mode Access. Sudah selesai? Simpan lagi…
  5. Pilih menu VLAN to Ports
    Pada menu ini silahkan anda bisa cek port-port pada switch sudah sesuai dengan anggota VLAN yang anda inginkan atau belum.
  6. Pilih menu GVRP
    Pada menu ini terdapat settingan untuk meng-enable / disable dinamic VLAN. Silahkan anda cek Enable GVRP dan simpan.

Setelah settingan sudah selesai semua dan disimpan, silahkan anda coba.

Selamat mencoba dan Semoga berhasil.

Beberapa gambar hasil tangkapan layar settingan saya bisa anda unduh disini (.pdf) dan disini (.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar